Kamis, 31 Januari 2013

Khasiat Buah Belimbing Untuk Kesehatan


Asli Herbal - Kasihan sekali blogs saya ini, gara-gara kuliah yang belum selesai asliherbal.com kesayangan ane jadi terbengkalai nih. Ya udah deh sekarang ane mau posting dolo ah, untuk pembahasan kali ini ane akan membahas mengenai khasiat buah belimbing untuk kesehatan :D. hmm pastinya anda sudah tahu tentang buah yang satu ini. Oke deh simah langsung dibawah ini.

Khasiat buah belimbing untuk kesehatan

Belimbing (Averrhoa carambola) merupakan tanaman buah berupa pohon yang berasal dari kawasan Malaysia, kemudian menyebar luas ke berbagai negara yang beriklim tropis lainnya di dunia termasuk Indonesia. Pada umumnya buah ini ditanam dalam bentuk kultur pekarangan (home yard gardening), yaitu diusahakan sebagai usaha sampingan sebagai tanaman peneduh di halaman-halaman rumah.

Pohon belimbing memiliki daun majemuk yang panjangnya dapat mencapai 50 cm, bunga berwarna merah muda yang umumnya muncul di ujung dahan. Pohon ini bercabang banyak dan dapat tumbuh hingga mencapai 5 m. Tidak seperti tanaman tropis lainnya, pohon ini tidak memerlukan banyak sinar matahari. Penyebarannya sangat luas, karena benihnya disebarkan oleh lebah. Buah berwarna kuning kehijauan. Saat baru tumbuh, buahnya berwarna hijau. Jika dipotong, buah ini mempunyai penampang yang berbentuk bintang. Berbiji kecil dan berwarna coklat. Buah ini renyah saat dimakan, rasanya manis dan sedikit asam. Buah ini mengandung banyak vitamin C. Salah satu jenis adalah belimbing wuluh, sering digunakan untuk bumbu masakan, terutama untuk memberi rasa asam pada masakan. Buah belimbing mempunyai kandungan gizi cukup tinggi yang bermanfaat bagi tubuh. Dalam 100 gram yang matang mengandung :
  • Energi : 35 kal
  • Protein : 50 gram
  • Lemak : 70 gram
  • Karbohidrat : 7,70 gram
  • Kalsium : 8 mg
  • Serat : 0,90 gram
  • Vitamin A : 18 RE
  • Vitamin C : 33 Mg
  • Niacin : 0,40 gram
 Buah belimbing matang yang terkenal dengan rasa manis ini berkhasiat untuk meredakan berbagai macam penyakit, seperti diabetes, kolesterol, batuk, radang tenggorokan dan demam. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi juga dipercaya sebagai obat kanker. Bunganya yang berwarna keunguan dipercaya berkhasiat untuk mengobati penyakit malaria. Daunnya yang rimbun berkhasiat untuk mengobati sakit maag, melancarkan air seni, hipertensi dan penyakit bisul. Akar tanaman dapat mengobati penyakit rematik. Khasiat Buah Belimbing Untuk Kesehatan.

Manfaat yang bisa kita peroleh, selain untuk kesehatan, enak dikonsumsi sebagai buah segar dan dapat juga dimanfaatkan sebagai tanaman pekarangan.

Berikut cara pemakaian buah ini untuk pengobatan :

Pegel linu:
1 genggam daun belimbing wuluh yang masih muda, 10 biji cengkeh, 15 biji lada, digiling halus lalu tambahkan cuka secukupnya. Lumurkan ketempat yang sakit.

Gondongan
10 ranting muda jenis wuluh berikut daunnya dan 4 butir bawang merah setelah dicuci bersih lalu ditumbuk halus. Balurkan ketempat yang sakit.

Batuk pada anak
Segenggam bunga belimbing wuluh, beberapa butir adas, gula secukupnya dan air 1 cangkir, ditim selama beberapa jam. Setelah dingin disaring dengan sepotong kain, dibagi untuk 2 kali minum, pagi dan malam sewaktu perut kosong.

Rematik
100 gr daun muda belimbing wuluh, 10 biji cengkeh dan 15 biji merica dicuci lalu digiling halus, tambahkan cuka secukupnya sampai menjadi adonan seperti bubur. Oleskan adonan bubur tadi ketempat yang sakit.

Sariawan
Segenggarn bunga belimbing wuluh, gula jawa secukupnya dan 1 cangkir air direbus sampai kental. Setelah dingin disaring, dipakai untuk membersihkan mulut dan mengoles sariawan.

Jerawat
Buah belimbing wuluh secukupnya dicuci lalu ditumbuk halus, diremas dengan air garam seperlunya, untuk menggosok muka yang berjerawat. Lakukan 3 kali sehari.

Sekian penjelasan mengenai khasiat buah belimbing untuk kesehatan , semoga bermanfaat :D

2 komentar:

  1. Energi : 35 kal
    Protein : 50 gram
    Lemak : 70 gram
    Karbohidrat : 7,70 gram
    ___

    Cmiiw, 1gr protein/karbohidrat setara dgn 4 kal dan 1gr lemak setara dgn 9 kal.
    Bila proteinnya 50gr, maka setara 200kal.
    Bila lemaknya 70gr, maka setara 630kal.
    Bila karbohidratnya 7,7gr, maka setara 40kal.
    So, 100gr akan belimbing manis mengandung 870kal?
    Benarkah demikian?

    BalasHapus
  2. info yang sangat bermanfaat. Ternyata belimbing sangat berkhasiat. ditunggu info selanjutnya.

    http://lobbyinfo.blogspot.com
    http://lobbyinfo.blogspot.com/2013/05/manfaat-buah-belimbing-bagi-kesehatan.html

    BalasHapus